Rabu, 22 November 2017

Akses internet

Untuk dapat mengakses internet, ada beberapa macam perangkat keras yang dibutuhkan antara lain:
Perangkat yang penting:
  1. Komputer (Sudah tentu :D)
  2. Modem(Modulator Demodulator)
  3. Saluran telpon

1. Komputer

Komputer merupakan komponen utama untuk dapat mengkases internet (sudah tau khan?? :D). Spesifikasi komputer  yang digunakan dalam koneksi internet sangat mentukan cepat atau lambatnya kinerja akses internet. semakin tinggi spesifikasi sebuah komputer, semakin cepat kinerja akses internet, begitu pula sebaliknya.
Spesifikasi minimal sebuah komputer dalam akses internet anatra lain sebagi berikut:
  1. processorProcessor, merupakan otak dari komputer untuk menjalankan aplikasi-aplikasi dalam komputer. Processor minimal pentium III 500Mhz.

  1. RAM (Random Access Memory) berfungsi sebagai media penyimpanan sementara. RAM minimal 64MB

  1. Harddisk digunakan untuk media penyimpanan data secara magnetik. Harddisk minimal 10GB


  1. VGA card, merupakan perangkat keras untuk menampilakan gambar pada layar monitor. VGA card minimal 4MB

Monitor, merupajan perangkat output untuk menampilkan proses kerja dari komputer.


2. Modem

Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah.
Secara singkatnya, modem merupakan alat untuk mengubah sinyal digital komputre menjadi sinyal analog dan sebaliknya. Komputer yang melakukan koneksi dengan internet dihubungkan dengan saluran telpon melalui modem. Berdasarkan fungsinya modem dibagi menjai tiga jenis. Antara lain:
1. Modem Dial Up
Modem dial Up biasa digunakan oleh Personal Computer (PC) yang langsung dihubungkan melalui saluran telpin. Jenis modem dial up ada dua macam yaitu:Teknologi akses internet umumnya menggunakan modem untuk mengubah data analog ke data digitaluntuk transmisi, melalui jaringan analog seperti telepon kabel dan kabel jaringan. Namun seiring kemajuan teknologi informatika jaringan, perkembangan akses internet juga mengalami perubahan yang pesat. Berikut beberapa teknologi akses internet yang ada di sekitar kita.


  • Akses Dial-up - menggunakan modem dan jaringan telepon (PSTN) untuk koneksi internet yang dioperasikan oleh ISP. Beroperasi pada satu saluran, koneksi dial-up memonopoli saluran telepon dan merupakan salah satu metode paling lambat dari mengakses Internet. Biasanya, koneksi dial-up tidak melebihi kecepatan 56 kbit /. 
  • Akses Broadband - mencakup berbagai teknologi, yang semuanya menyediakan data yang lebih tinggi tingkat akses ke Internet. Teknologi ini menggunakan kabel atau kabel serat optik. 
  • Multilink dial-up - menyediakan bandwidth yang mengikat dua atau lebih koneksi dial-up bersama-sama dan memperlakukan mereka sebagai saluran data tunggal. 
  • Integrated Services Digital Network (ISDN) - atau Jaringan Digital Pelayanan Terpadu layanan telepon diaktifkan mampu mengangkut suara dan data digital, adalah salah satu metode tertua akses internet. 
  • Leased Line - berdedikasi garis digunakan terutama oleh ISP, bisnis, dan perusahaan besar lain untuk menghubungkan LAN dan jaringan kampus ke Internet menggunakan infrastruktur yang ada dari jaringan telepon umum. 
  • Local Area Network (LAN) - Local Area Network dan Point-to-point protocol over Ethernet. Jaringan area lokal (LAN) menyediakan akses internet untuk komputer dan perangkat lain di wilayah yang terbatas seperti sekolah, rumah, laboratorium komputer, atau gedung kantor, biasanya pada kecepatan data yang relatif tinggi berkisar antara 10 sampai 1000 Mbit/s 
  • Akses Internet Kabel TV - menyediakan akses Internet melalui kabel Hybrid Fiber Coaxial awalnya dikembangkan untuk membawa sinyal televisi. Perusahaan kabel kemudian menghubungkan ke Internet menggunakan berbagai macam kabel biasanya serat optik atau satelit digital dan transmisi gelombang mikro.
  • Digital subscriber line (DSL, ADSL, SDSL, VDSL) - menyediakan koneksi ke Internet melalui jaringan telepon. Tidak seperti dial-up, DSL dapat beroperasi menggunakan saluran telepon tunggal tanpa mencegah penggunaan normal dari saluran telepon untuk panggilan telepon suara. 
  • Kabel Serat Optik untuk rumah - Kabel serat optik mengkonversi sinyal listrik menjadi cahaya yang membawa data, dan mengirim sinar ini melalui kaca transparan kecil atau serat plastik. 
  • Power-line internet - Broadband melalui saluran listrik (BPL), juga dikenal sebagai komunikasi saluran listrik, menggunakan listrik saluran listrik untuk mengirim dan menerima sinyal radio.
  • Akses Broadband Nirkabel - Broadband nirkabel digunakan untuk menyediakan akses Internet tetap dan bergerak. 
  • Wi-Fi - 802.11 dan Hotspot (Wi-Fi) adalah metode standar untuk menghubungkan jaringan kecepatan tinggi area lokal melalui pemancar nirkabel. 
  • WiMAX - (Worldwide Interoperability for Microwave Access) bekerja mirip dengan Wi-Fi mengirimkan informasi melalui gelombang udara, tetapi menangani lalu lintas jaringan yang lebih efisien. 
  • Satelit broadband - biasanya salah satu cara paling mahal untuk mendapatkan akses internet broadband, tetapi di daerah pedesaan mungkin satu-satunya pilihan selain broadband selular.
  • Mobile broadband - Telepon seluler (ponsel) sebagai jaringan selular pindah ke ketiga ( 3G ) dan keempat ( 4G ) jaringan generasi mereka dapat mendukung data yang cepat; menggunakan teknologi seperti CSD , GPRS , EDGE , EVDO , HSPA (kadang-kadang 3,5 G), LTE, dan UMTS.
  • Wireless ISP - biasanya menggunakan frekq rendah 802,11 sistem radio Wi-Fi untuk menghubungkan lokasi remote melalui jarak yang jauh, tetapi dapat menggunakan lain yang lebih tinggi daya sistem komunikasi radio juga.
  • Akses Broadband Wireless Mobile (MBWA atau 802,20) adalah 2008 IEEE spesifikasi untuk mobile jaringan akses internet nirkabel menawarkan tingkat puncak data 80 Mbit/s dan latency rendah menggunakan frekuensi radio berlisensi di bawah 3,5 GHz.
  • Lokal Multipoint Layanan Distribusi (LMDS) adalah teknologi akses broadband nirkabel yang menggunakan sinyal microwave yang beroperasi antara 26 GHz dan 29 GHz band.
1) Modem Internat
Merupakan modem yang dipasang dalam komputer terutama pada slot ekspansi yang tersedia dalam mainboard komputer. Rata-rata kecepatan modem internal untuk melakukan download adalah 56 Kbps.
Adapun keuntungan penggunakan modem internal sebagi berikut.
a) Lebih hemat tempat dan harga lebih ekonomis
b) Tidak membutuhkan adaptor sehingga terkesan lebih ringkas tanpa ada banyak kabel.
Sedangkan kelemahan modem internal sebagai berikut.
a) Modem ini tidak memerlukan lampu indikator sehingga sulit untuk memantau status modem
b) Modem ini tidak menggunakan sumber tegangan sendiri sehingga membutuhkan daya dari power supply. Hal ini mengakibatkan suhu dalam kotak CPU bertambah panas.
2) Modem Eksternal
Modem eksternal merupakan modem yang letaknya diluar CPU komputer. Modem ekternal dihubungkan ke komputer melalui port com atau USB. Pemasangan modem ini adalah dengan cara menghubungkan modem ke power dan menghubungkannya lagi ke adaptor lalu disambungkan kembali ke listrik.
Keuntungan modem eksternal:
a) Portabilitas yang cukup baik sehingga bisa pindah-pindah untuk digunakan pada komputer lain
b) dilengkapi lampu indikator sehingga mudah untuk memantau status dari modem.
Kelemahan dari modem eksternal.
a) harga lebih mahal dari pada modem internal
b) membutuhkan tempat atau lokasi tersendiri untuk menaruh modem tersebut.
2. Modem Kabel
Modem Kabel (Cable Modem), adalah perangkat keras yang menyambungkan PC dengan sambungan TV kabel. Jaringan TV kabel ini dapat dipakai untuk koneksi ke internet dengan kecepatan lebih tinggi dibandingkan dengan modem dialup atau modem ADSL, kecepatan modem kabel maksimum 27Mbps downstream (kecepatan downloadke pengguna) dan 2,5Mbps upstream(kecepatan upload dari pengguna). Sebelum dapat terkoneksi dengan internet, maka pengguna diharuskan untuk melakukan pendaftaran kepada penyedia jasa TV kabel dan ISP (internet Service Provider).


3. Modem ADSL (asymmetric Digital Subscriber line)
ADSL atau Asymmetric Digital Subscriber Line adalah salah satu bentuk dari teknologi DSL. Ciri khas ADSL adalah sifatnya yang asimetrik, yaitu bahwa data ditransferkan dalam kecepatan yang berbeda dari satu sisi ke sisi yang lain. Ide utama teknologi ADSL adalh untuk memecah sinyal line telpon menjadi dua bagian untuk suara dan data. Hal ini memungkinkan pengguna untuk melakuakn atau meneima panggilan telpon dan melakukan koneksi internet secara simultan tanpa saling menggangu.

 3. Saluran Telpon

Saluran telpon juga merupakan perangkat keras yang penting dan diperlukan untuk menghubungkan komputer dengan internet. Penggunaan sauran telpon ini juga diikuti dengan penggunan modem dial up. Selain saluran telpon, untuk melakukan akses internet juga bisa dilakukan dengan menggunakan TV kabel. Untuk bisa mengakses internet menggunakan jaringan TV kabel maka modem yang dipakai adalah modem kabel.


PENGATURAN KONEKSI KOMPUTER KE INTERNET

Agar dapat digunakan untuk mengakses Internet, komputermu harus dilengkapi dengan modem, baik modem internal, maupun modem eksternal. Selain itu, kamu juga harus melakukan pengaturan pada komputermu. Bagaimanakah cara membuat pengaturan agar komputer dapat menjalin koneksi dengan Internet? Ayo ikuti langkah-langkah berikut ini agar kamu dapat meningkatkan keterampilan teknis dalam membuat pengaturan koneksi komputer dengan Internet melalui dial up connection.
  • Dari tombol Start, pilih Control Panel.
  • Pilih Network Connection pada jendela Control Panel.
ffgrueghreuogogh

  • Pilih Create New Connection
rfkjgroruq5io

  • Klik Next pada New Conection Wizard
dfdsfkjhguoerww

  • Pilih Connect to the Internet untuk memilih jenis koneksi jaringan, kemudian klik Next


  • Pilih Set up my connection manually untuk membuat pengaturan koneksi secara manual, kemudian klik Next
dfgrgghrhree

  • Pilih Connect using a dial-up modem untuk memilih jenis koneksi dial-up, kemudian klik Next

  • Isi nama koneksi dengan nama mudah diingat. Misalnya, Dial Up Connection. Kemudia klik Next.
fdfghethty4jwy t

  • Isikan nomor telepon yang akan diakses, misalnya untuk Telkomnet Instan adalah 080909999. Kemudian klik Next.
fgfdg

  • Isikan User name: telkomnet@instant, Password: telkom, dan Confirm Password: telkom untuk membuat account. Kemudian klik Next.
ettegs

  • Klik Finish untuk mengakhiri pengaturan


  • Untuk meyakinkan bahwa pengaturan telah berhasil, buka kembali jendela Control Panel, kemudian pilih Network Connection. Jika ada ikon Dial Up Connection, maka pengaturan telah berhasil.

stbstght

  1. Sambungan Internet dengan Dial Up
Membuat sambungan internet dengan dial up:
  • Klik tombol Start
  • Pilih Connect To, kemudian pilih Dial Up Connection
tsthyjkt

  • Setelah muncul kotak dialog Connect Dial Up Connection, ketikkan Password yang sudah di setting pada pengaturan yaitu telkom.
  • Tekan tombol Dial
juhr

  • Saluran telepon akan membuat koneksi ke Internet dengan menghubungai nomor 080989999
dsadasa

  • Jika password yang dimasukan benar, maka komputer akan langsung terhubung ke Internet sehingga dapat digunakan untuk mengakses Internet.
asdafef

  • Jika gagal terhubung dengan Internet, ulangi langkah-langkah tersebut sampai berhasil terhubung ke Internet.



Iklan

Pelayanan World Wide Web


Pada awalanya internet adalah sebuah proyek yang dimaksudkan untuk menghubungkan para ilmuan dan peneliti di Amerika, namun ini telah tumbuh menjadi media komunikasi global yang dipakai semua orang di muka bumi. Pertumbuhan ini membawa beberapa masalah penting mendasar, diantaranya kenyataan bahwa internet tidak diciptakan pada jaman Gaphical User Interface (GUI) seperti saat ini, Internet dimulai pada masa dimana orang masih menggunakan alat-alat akses yang tidak user-friendly yaitu terminal berbasis teks serta perintah-perintah command line yang panjang-panjang serta sukar diingat, sangat berbeda dengan komputer dewasa ini yang menggunakan klik tombol mouse pada layar grafik berwarna. Kemudian orang berpikir untuk membuat sesuatu yang lebih baik. Popularitas Internet mulai berkembang pesat seperti jamur di musim penghujan setelah standar baru yaitu HTTP dan HTML diperkenalkan kepada masyarakat. HTTP (Hyper Text Transfer Protocol) membuat pengaksesan informasi melalui protokol TCP/IP menjadi lebih mudah dari sebelumnya. HTML (Hyper Text Markup Language) memungkinkan orang menyajikan informasi yang secara visual lebih menarik. Pemunculan HTTP dan HTML kemudian membuat orang mengenal istilah baru dalam internet yang sekarang menjadi populer, bahkan sedemikian populernya sehingga sering dianggap identik dengan internet itu sendiri, yaitu World Wide Web (WWW).
Apa itu World Wide Web
World Wide Web adalah nama yang diberikan untuk semua bagian Internet yang dapat diakses dengan software web browser. Sampai saat ini ada beberapa software web browser yang sering digunakan antara lain Microsoft Internet Explorer, Netscape Navigator, Mozilla dan Opera. Software-software ini nanti akan dibahas secara detail dalam bagian lain di Mata Kuliah Desain Grafis Web.
World Wide Web atau WWW atau singkatnya web, terdiri dari jutaan situs web (web site) dan setiap web site terdiri banyak halaman web (web page). Halaman-halaman web ini tersebar di seluruh dunia di komputer-komputer server yang terhubung dengan Internet. Situs-situs seperti www.yahoo.com atau www.microsoft.com adalah web site yang sudah lama ada dan menyediakan banyak sekali fasilitas sehingga halaman dalam situs ini juga sangat banyak.
Bayangkanlah sendiri jumlah keseluruhan halaman web di internet….???
Pada prinsipnya World Wide Web (singkatannya cukup disebut “web” saja) \
1. Google Chrome
Google Chrome adalah sebuah browser free-ware yang dikembangkan oleh google. Browser ini menggunakan webkit layout engine hingga versi 27. Namun mulai dari versi 28, Google membuat layout engine sendiri hasil kerja sama Google dengan Opera Software, dengan nama Blink. Layout engine ini digunakan hingga versi terkini. Browser ini mulai dirilis pada tanggal 11 desember 2008. Browser ini dirilis di Windows, Mac OS, Linux, Android, iOS. Menurut survey StatCounter pada tahun 2014, Google Chrome mempunyai 49.7% pengguna dari seluruh pengguna browser didunia, yang membuat Google Chrome sebagai browser paling banyak digunakan di dunia. Ingin mencobanya? Kalian bisa mendownloadnya disini.
2. Windows Internet Explorer
Windows Internet Explorer atau yang biasa dikenal sebagai Internet ExplorerInternet Explorer adalah sebuah browser dan Perangkat Lunak Tidak Bebas yang gratis dari microsoft, dan disertakan dalam setiap rilisnya sistem operasi microsoft windows sejak 1995. Pada mulanya, Internet Explorer dirilis sebagai bagian dari paket Plus! untuk windows 95. Browser ini dirilis microsoft pada tanggal 16 agustus 1995. Pada awalnya, browser ini memuncaki browser terbanyak digunakan didunia. Namun, popularitas browser ini mulai turun karena sudah mulai adanya penyaing baru, yaitu Firefox (2004) dan Google Chrome (2008). Bukan karena itu saja, popularitasnya juga menurun karena browser ini hanya rilis di Microsoft Windows, sedangkan browser lainnya, seperti Firefox dan Google Chrome sudah melebarkan sayapnya ke Platform PC (Linux dan MAC OS) maupun Platform Mobile (Android dan iOS) (Walaupun internet explorer ini pernah dirilis di Mac OS X, namun sekarang sudah digantikan oleh safari browser). Walaupun sudah memiliki pesaing berat, menurut survey tahun 2014, browser ini masih memuncaki posisi kedua sebagai browser yang digunakan terbanyak di dunia. Oleh karena itu, jika kalian ingin mencoba menggunakan browser ini, kalian harus menggunakan Microsoft Windows OS sebagai OS Kalian. (Namun, nanti di Microsoft Windows 10, Microsoft akan menggantikan Internet Explorer dengan Browser baru bernama Spartan)
3. Mozilla Firefox
Mozilla Firefox atau yang biasa disebut Firefox adalah sebuah browser free-ware yang dikembangkan oleh mozilla foundation. Browser ini dirilis pada tanggal 9 November 2004. Pada perkembangannya, browser ini mulai di rilis di beberapa platform, seperti Windows, Linux, Mac OS, FreeBSD, dan android. pada survey yang dilakukan pada tahun 2014, firefox digunakan oleh 18% pengguna browser didunia, yang menyebabkan browser ini sebagai browser ketiga paling banyak digunakan di dunia. Ingin mencobanya? Kalian bisa mendownloadnya disini.
4. Safari Browser
Safari, nama ini tidak asing untuk pengguna Apple sejati. Safari adalah browser buatan Apple Inc yang diperuntukan hanya untuk Mac OS dan iOS. Pada awalnya, browser ini hanya dibuat untuk menggantikan Internet Explorer for Mac. Namun pada akhirnya, browser ini ditetapkan sebagai browser bawaan Mac OS dan iOS. Browser ini di rilis pada tanggal 7 Januari 2003. Browser ini pernah dibuat untuk Microsoft Windows, namun pengembangan browser ini tidak dilanjutkan. Menurut survey pada tahun 2014, browser ini digunakan oleh 4.7% di dunia dan safari mendapatkan peringkat 4 sebagai browser yang digunakan terbanyak. Hasil ini didapatkan karena browser ini hanya terdapat di OS buatan Apple, yang mana adalah pembuat browser ini sendiri. Oleh karena itu, jika kalian ingin mencoba Safari Browser, kalian harus menggunakan OS buatan Apple.
5. Opera Browser
Opera Browser, Browser ini dibuat Opera Software. Browser ini menggunakan layout engine yang sama dengan google chrome, yaitu blink. Browser ini dirilis pada tahun 1996, yang diawalnya hanya bisa digunakan di Microsoft Windows. Pada awalnya, browser ini diciptakan dengan asas cross-platform, yaitu dapat digunakan di banyak platform. Menurut survey pada tahun 2014, Opera Browser digunakan oleh 1.5% di dunia, dan mendapatkan peringkat 5 sebagai browser paling banyak digunakan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Akses internet

Untuk dapat mengakses internet, ada beberapa macam perangkat keras yang dibutuhkan antara lain: Perangkat yang penting: Komputer (Sudah...